Kamis, Oktober 18, 2007

Sharing Teknis Pengolahan Data Sekunder (SUSENAS)

Hello pencinta Statistik untuk Data sekunder,,,,

Apabila dari rekan, rekan ingin sharing tentang pengolahan data sekunder silahkan comment di Forum ini...

Forum ini juga khusus untuk pengolahan data dengan program SPSS atau Stata.

kirimkan syntax anda yang ingin di tanyakan dan kalau memang perlu untuk interpretasi hasil bisa di kirimkan per email : kihariyadi.ugm@gmail.com atau per web ini.

Terima kasih

Salam
Eki

3 komentar:

disis denyumi mengatakan...

Halo mas, salam kenal.
Saya sedang pakai SAKERNAS untuk thesis.

Mau tanya tentang syntax svy SAKERNAS di stata. Saya yakin proses perancangan sampling SAKERNAS tidak jauh beda dengan SUSENAS.

Menurut pemahaman saya (dari pedoman SAKERNAS):
1.variable sampling weight digunakan sebagai pweight.
2.variabel daerah (perkotaan dan pedesaan) sebagai STRATA
3.karena variable "wilayah pencacahan" dan "kelompok segmen" tidak ada di data set, maka saya pakai variable provinsi sbg PSU, kabupaten sbg SSU1 dan NKS sebagai SSU2 (multi stageaya)

Tapi saya kurang yakin karena survey setting tersebut tidak bisa jalan.

Mungkin mas eki punya saran?
Syntax nya bagaimana yah?

Salam,

Feri

Anonim mengatakan...

Siang Pak,
Beberapa waktu lalu saya pernah melihat data Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) yang dikeluarkan oleh BPS. Data tersebut tersaji dalam format SPSS. Salah satu kolom menampilkan variabel "weight".

Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apa kegunaan weight dalam data tersebut?
2. Adakah rumus tertentu yang digunakan sebagai weight?
3. Jika terdapat penggunaan weight, maka data yang sebenarnya berupa sampel, bagaimanakah kerangka sampelnya?

mahdi afit mengatakan...

Assalamu'alaikum...pak, salam kenal. Saya lg nulis penelitian tp blm tahu cara ngolah data SUSENAS scr teknis. jdl nya" faktor-faktor yg mempengaruhi partisipasi sekolah di jawa barat", variabel independent:pendapatan rmh tangga,pendidikan ayah, jenis kelamin anak, ukuran keluarga, beasiswa. variabel dependen:probabilita partisipasi sekolah anak jenjang SMA. bgm cr ngolah datanya? trm kasih......

Free Web Counters
DSL ISP Service